Pages

Subscribe:

2012/10/05

Cara Troubleshooting VGA

Vga Card merupakan penghubung jalanya keluarnya tampilan gambar ke monitor. Tanpa ada VGA Card pc tidak dapat digunakan. Kualitas dari kemampuan VGA mempengaruhi gambar yang muncul di monitor. Pada prinsipnya kerja system VGA adalah mengubah gelombang sinyal dari mainboard yang kemudian diolah di system VGA Card kemudian di transfer ke monitor sehingga keluar tampilan gambar di layar Monitor. Ada beberapa jenis Vga dari perkembangan awal hingga sekarang antara lain sebagai berikut:

1. CGA (color graphic adapter)

2. EGA (echanced graphic adapter)

3. VGA (video graphic adapter)

4. SVGA (super video graphic adapter)

5. XVGA



Vga Card juga dapat mengalami trouble karena disebabkan oleh kondisi yang tidak memungkinkan dikarenakan oleh beberapa hal yaitu:


Terlalu lama pemakaian sehingga perlu diganti dengan yang baru
Karusakan pada soket pin
Kerusakan pada jalur kebel vga ke monitor
Terkena air yang menyebabkan gangguan kontak pada IC.



Komponen Vga Card dapat mengalami trouble ciri apabila kmponen ini yang error

adalah sebagai berikut:

Tidak ada tampilan dilayar Monitor walaupun tombol power pada monitor dan CPU sudah dihidupkan dan kabel pada Vga Card sudah terpasang dengan benar.
Ada kode Beep yang menunjukan kode kesalahan.



Untuk menangani kasus diatas dapat dilakukan cara sebagai berikut :

Periksa koneksi kabel apakan terpasang dengan benar apa tidak atau mungkin kabel Vga yang ke monitorlah yang rusak sehingga perlu diganti dengan yang baik.
Periksa Vga Card apakan tertancap dengan benar ke slot AGP atau tidak jika tidak pasang dengan prosedur yang sesuai dan benar.
Ganti dengan Vga yang lain untuk memastikan Vga Cardlah yang rusak.
Periksa Slot AGP apakah berfungsi dengan baik apa tidak.
Bersihkan Vga Card dan slot AGP dengan kuas sampai bersih sehingga tidak mengurangi kinerja system tersebut.
Periksa konektor pin pada Vga Card apakah masih normal apa tidak.



Setelah pengecekan dilakukan kita dapat langsung mendiagnosa kerusakan yang terjadi. Kita dapat menentukan bahwa Vga Cardlah yang rusak bukan pada perangkat lain sehingga perlu diganti dengan Vga Card yang lain. Untuk menangani kasus tersebut sebaiknya bila mengganti Vga Card kita sebaiknya penggantian komponen sesuai dengan kapsitas yang telah di berikan oleh standar mainboard agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal lagi. Seperti contoh apabila kita mengganti vga lain yang spesifikasi yang lebih tinggi tanpa meng-upgrade kita tidak akan berhasil karena kartu grafis yang diberikan akan berbeda dengan yang sebelumya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar